Sejarah Dan Budaya Suku Sentinel Yang Sangat Tertutup

Suku Sentinel merupakan salah satu suku yang masih hidup pada zaman batu. Mereka menetap di Pulau Sentinel Utara, yang adalah salah satu pulau di Kepulauan Andaman tepatnya di Samudra Hindia. Suku ini telah hidup di pulau tersebut selama sekitar 60.000 tahun dan di ketahui tidak pernah berhubungan dengan dunia luar.

Sejarah-Dan-Budaya-Dari-Suku-Sentinel-Yang-Sangat-Tertutup

Mereka juga sangat menolak kontak dengan orang asing serta akan menyerang siapa saja yang mencoba untuk mendekati pulau mereka. Lalu apakah yang membuat suku ini sangat misterius dan juga unik? Jika anda penasaran dan ingin tahu lebih jauh tentang suku ini maka simak ulasan dari Cerita’Yoo di bawah ini.

Sejarah Dari Suku Sentinel

Suku Sentinel merupakan bagian dari kelompok suku Andaman yang terdiri dari sejumlah suku asli. Di mana mereka menetap di Kepulauan Andaman dan juga Nikobar yang termasuk dalam wilayah India. Suku-suku ini mempunyai ciri fisik yang mirip dengan orang Afrika ataupun Australia. Selain itu, di yakini bahwa mereka berasal dari Afrika sekitar 60.000 tahun yang lalu lalu tiba di India lewat Indonesia.

Suku Sentinel untuk pertama kalinya di temukan oleh orang Eropa pada abad yang ke-18. Yaitu saat sebuah kapal Inggris melihat adanya banyak cahaya pada pantai Pulau Sentinel Utara. Tetapi, mereka tidak menjelajahi pulau tersebut, karena takut akan bahaya yang akan mengintai. Di tahun 1867, sebuah kapal dagang India terdampar pada pulau tersebut. Hal itu karena badai lalu di serang oleh suku Sentinel menggunakan panah.

Baca Juga : Mengenal Asal-Usul Suku Helong Atau Pulau Seram

Di tahun 1880, Inggris kembali berkunjung ke pulau itu lalu menemukan sebuah desa yang kosong di pedalaman. Mereka menculik sebanyak 6 orang Sentinel, yang mana semuanya sakit usai terpapar dunia luar. 2 orang dewasa kemudian meninggal dan 4 orang anak-anak di kembalikan ke pulau tersebut dengan hadiah-hadiah. Lalu di tahun 1896, seorang narapidana yang melarikan diri kemudian mencapai pulau tersebut. Yang mana kemudian di temukan tewas dengan panah serta leher teriris. Semjak saat itu, banyak upaya kontak yang gagal serta berakhir dengan kekerasan.

Budaya Dan Cara Hidup Suku Sentinel

Sejarah-Dan-Budaya-Suku-Sentinel-Yang-Sangat-Tertutup

Suku Sentinel di ketahui hidup sebagai pemburu. Yang di duga memakai busur serta panah untuk berburu dan memancing sebagai sarana utama untuk memperoleh makanan. Mereka juga mengumpulkan umbi-umbian, buah-buahan serta madu dari hutan. Mereka tinggal di pondok-pondok yang sudah di bangun dari daun palem serta berkomunikasi memakai suara bernada tinggi serta gerakan tubuh.

Tidak banyak yang di ketahui tentang ritual, bahasa serta struktur sosial dari suku ini, tentunya karena keterbatasan interaksi bersama mereka. Tetapi, mereka mempunyai sistem bertahan hidup serta pengelolaan sumber daya yang unik, menarik perhatian banyak antropolog serta peneliti.

Mereka sepertinya tidak mempunyai konsep tentang ternak, pertanian, roda, api, pakaian, logam, ataupun perahu. Suku ini tidak mempunyai sistem tulisan, agama, ataupun hukum. Mereka juga hidup secara harmonis bersama alam dan tidak terpengaruh oleh modernisasi storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *