Mengenal Lebih Jauh Tentang Suku Tobelo Dari Pulau Halmahera

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia sangatlah luas sehingga ada banyak sekali sukubangsa yang jumlahnya mencapai hingga 1.340 suku. Tentunya, masih ada banyak suku yang tidak begitu familier atau bahkan jarang di ketahui. Mungkin saja beberapa dari anda bahkan ada yang belum pernah mendengar tentang suku Tobelo.

Mengenal-Lebih-Jauh-Tentang-Suku-Tobelo-Dari-Pulau-Halmahera

Di mana, Suku Tobelo adalah suatu suku yang terdapat di daerah semenanjung bagian utara dari Pulau Halmahera serta sebagian dari daratan Pulau Morotai. Sementara sebagian lagi hidup dan tersebar hingga ke pedalaman Halmahera, seperti ke daerah Patani, Weda serta Gane. Bahkan hingga ke Kepulauan Raja Ampat, Papua. Daerah asal suku ini sendiri termasuk dalam wilayah Kecamatan Galela yang ada di Kabupaten Halmahera Utara di Provinsi Maluku Utara. Jumlah populasinya yaitu sekitar 20.000 jiwa

Sejarah Singkat Suku Tobelo

Mengenal-Lebih-Jauh-Tentang-Suku-Tobelo-Di-Pulau-Halmahera

Cerita’Yoo Sejak orang Tobelo mulai bersekutu dengan Kesultanan Ternate lalu mengakui pemerintahan Kolonial Belanda di Abad XVII. Orang Tobelo kemudian di bagi jadi dua komunitas yaitu Tobelo Tia ataupun Tobelo Pedalaman. Tobelo pedalaman sendiri bermata pencarian utama yaitu sebagai petani, sementara Tobelo Tai atau Tobelo Laut yang merupakan nelayan. Pembagian (komunitas) ini tentunya di lakukan oleh Kolonial Beland.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Tentang Asal-Usul Suku Julu Yang Di Aceh

Di mana untuk mengetahui serat membedakan antara penduduk Tobelo yang telah keluar dan hidup pada pesisir pantai. Sebagian cerita rakyat juga mengatakan bahwa, orang Tobelo yang berada di hutan tersebut lari dari blasting ataupun sistem pajak dari Pemerintah Kolonial Belanda. Beberapa literatur serta cerita rakyat juga mengatakan bahwa Suku Tobelo adalah etnis terbesar di Pulau Halmahera. Lalu berasal dari Telaga Lina, Halmahera bagian utara.

Sebelum mereka menyebar luas ke Halmahera bagian tengah, timur sampai dengan Halmahera bagian barat. Mulanya, di Telaga Lina, mereka membentuk 4 kelompok yang juga di sebut dengan Hoana yaitu satuan pemukiman (dapat di sebut kampung). 4 Hoana Suku Tobelo di antaranya yaitu Hoana Mumulati, Hoana Lina, Hoana Gura dan Hoana Huboto. Para Hoana ini juga di identikkan dengan roh leluhur mereka masing-masing. Dari keempat Hoana pada Telaga Lina itu lalu menyebar keluar. Ada yang ke Tobelo, ke Kao serta Galela.

Dari keempat Hoana tersbeut kemudian jadi sepuluh Honana yang sudah tersebar di Halmahera bagian utara. Kesepuluh Hoana tersebut di sebut juga dengan Hoana Ngimoi yaitu Hoana Huboto, Hoana Lina, Hoana Gura, Hoana Mumulati, Hoana Pagu. Juga Hoana Modole, Hoana Boeng, Hoana Towiliko, Hoana Morodina serta Hoana Morodai. Sepuluh Hoana tersebut juga berkumpul jadi satu wadah yang di sebut dengan Hibualamo atau Rumah Besar storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *