Mengenal Asal-Usul Suku Sangir Talaud Dari Sulawesi Utara

Asal-Usul Suku Sangir Talaud – Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan keanekaragaman etnis dan juga suku bangsa. Salah satu contohnya yaitu seperti suku Sangir Talaud yang berasal dari Sulawesi Utara ini. Yang mana merupakan penyebutan kepada dua suku. Masyarakat suku Sangir serta Talaud merupakan salah satu dari penduduk asli. Yang di ketahui menghuni rangkaian kepulauan antara Sulawesi Utara serta Mindanao yang ada di Filipina.

Mengenal-Asal-Usul-Suku-Sangir-Talaud-Di-Sulawesi-Utara

Selain itu, tidak ada keterangan waktu yang menunujukkan secara persis dan menjelaskan kapan tepatnya wilayah Sangir Talaud di huni oleh manusia. Tetapi dari sejumlah penelitian dan penggalian arkeologi, maka di duga bahwa pulau ini telah di tempati semenjak 5000 sampai dengan 2000 tahun sebelum masehi. Lalu, apakah anda ingin tahu lebih banyak informasi tentang Sangir Talaud? Simak informasinya melalui ulasan dari Cerita’Yoo berikut ini :

Asal-Usul Suku Sangir Dan Talaud

Sebenarnya, sampai saat ini masih belum di temukan adanya informasi yang pasti tentang asal usul dari kata Sangir dan Talaud. Banyak orang juga memberikan arti secara etimologi, di mana pendapat terbanyak mengatakan bahwa kata Sangir itu berasal dari kata Zanger yang adalah bahasa Belanda. Sementara Zanger dalam bahasa Indonesia mempunyai arti yaitu “penyanyi”.

Baca Juga : Kenali Asal-Usul Dan Ciri Khas Dari Suku Minahasa Di Sulawesi

Dahulu, Belanda memberikan nama ini dengan alasan yaitu bahwa orang yang di kenal sebagai suku Sangir sangatlah gemar nyanyian. Ataupun suka bernyanyi di dalam kehidupan mereka sehari-hari. Sedangkan, tidak banyak yang berpendapat tentang asal usul kata Talaud, namun hanya secara etimologis. Bagi mereka, Talaud sendiri berasal dari kata Tau serta Rode. Tau dalam bahasa Talaud yaitu berarti “orang”, sementara Roda berarti “laut”. Sehingga, Talaud artinya yaitu “orang laut”.

Letak Geografis Wilayah

Mengenal-Asal-Usul-Suku-Sangir-Talaud-Dari-Sulawesi-Utara

Orang suku Sangir serta Talaud yaitu berasal dari Provinsi Sulawesi Utara. Sebagian besar dari mereka juga mendiami gugusan kepulauan pada bagian utara Sulawesi Utara. Serta memanjang ke daerah wilayah berbatasan Filipina yang adalah negara tetangganya. Kepulauan ini juga di namakan sebagai kepulauan Sangir dan Talaud atau juga lebih sering di kenal dengan nama kepulauan Nusa Utara.

Jika di lihat secara geografis, maka gugusan pulau ini di batasi oleh laut Mindanao pada sebelah sebelah utara. Kemudian Selat Taliso di bagian selatan, lalu laut Sulawesi di barat, dan laut Pasifik di bagian sebelah timur. Ciri khas yang bisa anda lihat dari lingkungan alam kedua gugusan pulau yaitu bukit-bukit tinggi dan juga rendah. Yang mana di pisahkan oleh sungai besar dan juga kecil. Daerah Sangir serta Talaud juga mempunyai gunung berapi yang masih aktif maupun tidak aktif, dengan puncak paling tinggi yaitu 1320 meter. Secara umum, pulau ini juga termasuk daerah vulkanis berjenis tanah latosol storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *