Mengenal Lebih Dalam Tentang Asal-Usul Suku Julu Yang Di Aceh

Suku Julu – Masyarakat Aceh mempunyai banyak sekali suku serta bahasa daerah. Di mana, mayoritas masyarakat yang tinggal di provinsi ujung barat Indonesia ini merupakan suku serta berbahasa Aceh. Provinsi Aceh sendiri terbagi atas tiga wilayah yaitu barat-selatan, timur-utara serta tengah. Masyarakat pada wilayah timur-utara pada umumnya merupakan suku Aceh dengan bahasa daerah Aceh serta wilayah barat-selatan. Di mana berasal dari campuran sejumlah suku dan bahasa.

Mengenal-Lebih-Dalam-Asal-Usul-Suku-Julu-Yang-Di-Aceh

Cerita’Yoo Suku Julu sendiri merupakan suatu kelompok masyarakat adat yang berada di kabupaten Aceh Singkil daratan. Selain itu, suku ini sering kali di sebut juga sebagai bagian dari suku Singkil. Di mana terkadang di sebut juga sebagai bagian dari kelompok suku Pakpak. Tidak hanya itu, mereka juga sering kali di samakan dengan suku Boang.

Mayoritas Masyarakat Suku Juju Beragama Islam

Mengenal-Lebih-Dalam-Tentang-Asal-Usul-Suku-Julu-Yang-Di-Aceh

Dari pernyataan sejumlah masyarakat suku Boang, bahwa dulunya mereka memang berasal dari daerah Boang Pakpak. Yang mana mereka sudah lama tinggal pada wilayah ini. Dari segi kepercayaan, mereka merupakan penganut agama Islam yang berbeda agama dengan suku Boang di wilayah kabupaten Pakpak Bharat yang menganut agama Kristen. Mereka juga lebih suka menyebut diri mereka yaitu sebagai orang Julu ataupun suku Julu serta beberapa dari mereka malah menyatakan bahwa mereka berbeda dengan suku Boang.

Baca Juga : Mengenal Asal-Usul Suku Pakpak Yang Menetap Di Aceh

Tidak hanya itu, mereka juga sudah tidak mau di sebut sebagai bagian dari suku Singkil. Di mana, secara budaya, suku ini memang berbeda dengan suku Singkil serta bahasa yang di gunakan oleh suku Julu, juga lebih mendekati bahasa Pakpak. Hal tersebut menunjukkan bahwa suku ini, meskipun mereka menyatakan sebagai suku tersendiri, yang mempunyai bahasa dan budaya sendiri. Namun jika di telusuri lebih dalam maka kemungkinan mereka memang asalnya dari rumpun yang sama dengan suku Pakpak.

Sebagian besar suku ini memeluk agama Islam, yang adalah akibat dari pengaruh budaya. Serta tradisi masyarakat pada kabupaten Aceh Singkil yang umumnya beragama Islam. Namun adat serta budaya suku Julu hingga kini masih tetap di pertahankan. Meskipun setidaknya sedikit terpengaruh oleh budaya Islam. Suku Julu sendiri sebagian besar hidup sebagai petani pada dataran tinggi, seperti bertanam sayur-sayuran,serta sejumlah jenis tanaman lain.

Itulah sejarah singkat tentang suku Julu, yang bisa jadi pengetahuan baru bagi anda yang mungkin saja baru perta kali mendengarnya. Jika anda tertarik untuk mengetahui informasi tentang suku lainnya yang ada di Indonesia, maka kunjungi kami di storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *