Kenali Sejarah Suku Galela Yang Berada Di Daerah Maluku

Sejarah Suku Galela – Maluku merupakan daerah kepulauan di bagian timur Indonesia yang sangat kaya akan rempah-rempah dan hasil laut yang begitu melimpah. Kepulauan Maluku juga terkenal dengan beraneka ragam budaya, kesenian serta keindahan wisata alam. Yang sampai saat ini masih jadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kenali-Sejarah-Suku-Galela-Yang-Berada-Di-Daerah-Maluku

Terdapat berbagai suku yang mendiami wilayah bagian Maluku Utara. Di antaranya yaitu Suku Madole, Suku Ternate, Suku Pagu, Suku Kao, Suku Makian Barat serta Suku Tidore. Juga Suku Buli, Suku Maba, Suku Patani, Suku Weda, Suku Sawai, Suku Galela dan masih banyak lagi suku lainnya. Kali ini, kita anda membahas tentang Sejarah Suku Galela seperti pada ulasan berikut ini.

Sejarah Suku Galela

Kenali-Sejarah-Suku-Galela-Yang-Ada-Di-Daerah-Maluku

Cerita’Yoo Suku Galela merupakan sebih kelompok etnik dengan wilayah asalnya yaitu di pulau Halmahera. Di mana mereka berdiam terutama pada pantai bagian utara dari pulau Halmahera yaitu di sekitaran Teluk Galela. Saat ini, wilayah asal itu adalah wilayah administratif Kecamatan Galela, yang dalam wilayah Provinsi Maluku Utara.

Baca Juga : Mengenal Suku Alifuru Yang Menetap Di Daerah Maluku

Sebagai satu kelompok etnik di maluku, mereka mempunyai bahasa sendiri yaitu bahasa Galela. Salah satu dari adanya 10 bahasa besar di dalam kelompok bahasa yang di sebut sebagai Siwalima atau satu di antara ratusan bahasa yang terdapat di Maluku. Ahli bahasa membuat rincian lagi di mana bahasa Galela masuk dalam Keluarga bahasa Halmahera. Yang termasuk ke rumpun bahasa Halmahera Utara pada bagian barat. Rumpun ini juga masih terbagi lagi dua cabang bahasa yaitu bahasa Galela serta bahasa Ibu.

Jumlah orang Galela sampai saat ini masih belum di peroleh data pastinya. Data pada tahun 1930 menunjukkan bahwa ada kelompok orang Galela yang bersama dengan kelompok Tobaru. Serta kelompok Tobelo dan berjumlah sekitar 50.000 jiwa. Di masa yang lebih akhir, misalnya saja tahun 1989, di peroleh data bahwa penduduk Kecamatan Galela berjumlah sebanyak 21.043 jiwa. Tentunya tanpa mengetahui jum;ah total orang Galela di antaranya.

Sedangkan ahli memberikan pendapat bahwa daerah Maluku Utara di bagi jadi 3 wilayah budaya. Yaitu Wilayah Budaya Tidore, Wilayah Budaya Ternate serta Wilayah Budaya Bacan. Budaya Galela termasuk dalam wilayah budaya Ternate yang mencakup pulau Ternate, Kepulauan Sula serta Halmahera Utara. Pembagian wilayah kultural itu tidak bersifat prinsipal namun gradual jika di lihat dari ciri-ciri adat serta istiadatnya storydiup.com.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *